AMLI
Beranda Tentang Kami Galeri Berita & Artikel Gabung Sekarang
  • English
  • Bahasa Indonesia
Beranda
Tentang Kami
Galeri
Berita & Artikel
Gabung Sekarang

Ekonomi Kreatif dan Media Luar-Griya: Sinergi untuk Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Oleh David Caezario, Kontributor AMLI

Asosiasi Media Luar-Griya (AMLI) dan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia mengadakan diskusi online Sinergi untuk Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Direktorat Periklanan Deputi Bidang Kreativitas Media pada tanggal 15 Januari 2025.

Menurut Ibu Selliane Ishak, Ekonomi kreatif menjadi pilar utama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dengan mengedepankan kreativitas, inovasi, dan kolaborasi. Salah satu sektor yang memiliki peran besar dalam ekosistem ini adalah Media Luar-Griya (MLG), yang tidak hanya menjadi sarana komunikasi, tetapi juga alat untuk memperkuat ekonomi kreatif melalui kontribusi estetika, teknologi, dan fungsi sosial.

EKONOMI KREATIF SEBAGAI MESIN PERTUMBUHAN BARU

Ekonomi kreatif memiliki beberapa fokus utama, yaitu:

  1. Peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa melalui hilirisasi dan komersialisasi hasil kreatif.
  2. Diplomasi kreatif untuk memperluas pengaruh Indonesia di tingkat global.
  3. Penciptaan lapangan kerja berkualitas dengan mendukung industri kreatif.
  4. Pengembangan sistem pemasaran yang melindungi hasil kreativitas, termasuk infrastruktur dan fasilitas pendanaan.

Landasan pengembangan sektor ini mencakup aspek yuridis, politis, akademis, dan empiris. Pada 2023, sektor ini menyerap 24,92 juta tenaga kerja dan menyumbang nilai tambah Rp1.141 triliun dengan kontribusi ekspor mencapai USD 23,96 miliar.

POTENSI MEDIA LUAR-GRIYA DALAM EKONOMI KREATIF

MLG merupakan bagian integral dari ekosistem ekonomi kreatif. Media ini mencakup billboard, street furniture, transit, dan ambiance yang menggabungkan estetika, fungsi komunikasi, dan teknologi. Berdasarkan laporan Nielsen Adex 2022, kontribusi MLG mencapai 2% dari total belanja iklan Indonesia senilai Rp294,6 triliun, dengan pertumbuhan tahunan sebesar 19% (CAGR).

Keunggulan MLG meliputi:

  • Kreativitas tanpa batas melalui integrasi teknologi seperti IoT dan Big Data.
  • Kemampuan untuk menghias dan menghidupkan tata kota.
  • Menjangkau audience aktif dan tidak terhindarkan. Media luar-griya mampu menjangkau audiens yang aktif dengan pesan yang sulit dihindari 24/7.
  • Ukuran besar dan daya tarik visual. Kombinasi seni dan teknologi menciptakan media besar yang menarik perhatian dengan kreativitas tanpa batas.
  • Tingkat repetisi tinggi. Pesan dapat diulang sehingga mudah diingat oleh penonton.
  • Menghidupkan kota. Media ini tidak hanya menyampaikan informasi tetapi juga menghias dan menghidupkan suasana kota.

TANTANGAN DAN SOLUSI UNTUK MEDIA LUAR-GRIYA

Meskipun potensinya besar, MLG di Indonesia menghadapi tantangan signifikan, seperti:

  1. Regulasi yang kompleks: Peraturan berbeda di tiap daerah, seperti di DKI Jakarta, yang membuat proses perizinan lambat (90–180 hari dibandingkan media digital yang hanya 5 menit).
  2. Beban pajak tinggi: Pajak reklame di Jakarta mencapai 36%, jauh lebih tinggi dibandingkan Kuala Lumpur (6%) dan Singapura (8%).

Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan reformasi regulasi, percepatan perizinan, dan pengurangan beban pajak guna meningkatkan daya saing MLG.

KONTRIBUSI MLG DAN EKONOMI KREATIF UNTUK PEMERINTAH

MLG dan sektor ekonomi kreatif memberikan kontribusi besar melalui beberapa hal, diantaranya:

  • Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pajak reklame.
  • Penyediaan fasilitas publik, seperti halte bus dan taman kota.
  • Peluang tenaga kerja kreatif di bidang grafis, teknologi digital, dan konten.
  • Media komunikasi pemerintah, termasuk edukasi masyarakat dan sistem alarm bencana nasional.

PROGRAM UNGGULAN BADAN EKONOMI KREATIF 2025

Untuk mempercepat pertumbuhan, pemerintah meluncurkan program unggulan, termasuk:

  • Kreasi: Pengembangan talenta kreatif dan akselerasi ekspor.
  • Produksi: Aktivasi creative hub dan insentif pemerintah.
  • Promosi dan pemasaran: Strategi pemasaran domestik dan internasional.
  • Distribusi dan konsumsi: Mendorong Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

KESIMPULAN

Sinergi antara ekonomi kreatif dan Media Luar-Griya menunjukkan potensi besar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Dengan mengatasi tantangan regulasi dan pajak, serta memanfaatkan teknologi modern, sektor ini siap menjadikan Indonesia sebagai pemain utama dalam ekonomi global berbasis kreativitas dan inovasi.

Related Post

RUU Kesehatan dan Peran AMLI dalam Memperjuangkan Industri Kreatif

RUU Kesehatan dan Peran AMLI dalam Memperjuangkan Industri Kreatif

oleh Pahala Sugiro Tanggal 31 Juli 2024 pemerintah melalui Kementrian Kesehatan telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah RI Nomor 28 Tahun 2024 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan (PP dapat dilihat di sini). Sebelum mengeluarkan peraturan ini, telah banyak pro dan kontra mengenai draft Rancangan Undang-Undang (RUU) yang dibuat di bulan November 2023, […]

Read More
Kolaborasi AMLI X JICAF: Rayakan 79 Tahun Kemerdekaan Indonesia dengan Persembahan Galeri Seni Luar Griya Terbesar di Indonesia

Kolaborasi AMLI X JICAF: Rayakan 79 Tahun Kemerdekaan Indonesia dengan Persembahan Galeri Seni Luar Griya Terbesar di Indonesia

oleh Redaksi AMLI Tahun ini Indonesia merayakan kemerdekaan ke-79. Dengan mengusung semangat “Nusantara Baru Indonesia Maju”, momen ini menjadi pembuka bagi perkembangan Indonesia ke masa depan, karena mengalami tiga transisi besar, yaitu menyongsong Ibu Kota baru, pergantian pemimpin serta menyambut Indonesia Emas 2045.  Momen istimewa ini juga menginspirasi lahirnya kolaborasi antara JICAF (Jakarta Illustration & […]

Read More
Dari Firaun ke Piksel: Bagaimana OOH dan Media Digital Menguasai Setiap Hari

Dari Firaun ke Piksel: Bagaimana OOH dan Media Digital Menguasai Setiap Hari

oleh Agung Prihambodo Mengungguli piramida! Mari kita selidiki dunia media Out-of-Home (OOH), veteran pemasaran yang telah memikat audiens sejak zaman Mesir kuno. Sementara media digital mendominasi lanskap, OOH secara konsisten menemukan kembali dirinya sendiri agar tetap relevan. Dosis Pengaruh Harian:OOH dan media digital, terlepas dari perbedaannya, memiliki kesamaan yang kuat: konsumsi sehari-hari. Setiap visual yang […]

Read More
SIARAN PERS “Pernyataan Bersama Asosiasi Perusahaan Media Luar-Griya Indonesia: Tolak PP 28/2024 dan RPMK”

SIARAN PERS “Pernyataan Bersama Asosiasi Perusahaan Media Luar-Griya Indonesia: Tolak PP 28/2024 dan RPMK”

JAKARTA – Asosiasi Perusahaan Media Luar-Griya Indonesia dan Periklanan menyampaikan komitmen penolakan terhadap kebijakan yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 28 Tahun 2024 dan Rancangan Peraturan Menteri Kesehatan (RPMK) tentang produk tembakau dan rokok elektronik. Pernyataan ini merupakan langkah melindungi keberlangsungan usaha serta menunjukkan kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku. Dalam pernyataan tersebut, Ketua Umum […]

Read More
Logo
Logo

Asosiasi Perusahaan Media Luargriya Indonesia (AMLI)

Phone: (+62) 81212069902

Email: info@amli.or.id

Address: Jl. Setiabudi VI Gg.IV No.8A RT.02/RW.03, Jakarta 12910

© 2024 AMLI. All rights reserved.