oleh Redaksi AMLI
Tahun ini Indonesia merayakan kemerdekaan ke-79. Dengan mengusung semangat “Nusantara Baru Indonesia Maju”, momen ini menjadi pembuka bagi perkembangan Indonesia ke masa depan, karena mengalami tiga transisi besar, yaitu menyongsong Ibu Kota baru, pergantian pemimpin serta menyambut Indonesia Emas 2045.
Momen istimewa ini juga menginspirasi lahirnya kolaborasi antara JICAF (Jakarta Illustration & Creative Arts Fair) wadah bagi pelaku kreatif dan seniman, AMLI (Asosiasi Media Luar Griya Indonesia), dan APMF (Asia Pacific Media Forum) wadah para penggiat media dan dunia periklanan, dengan menghadirkan karya seni di ruang publik bagi masyarakat Indonesia.
Tepatnya di pukul 17.08 selama 45 detik, JICAF, AMLI dan APMF berkolaborasi menayangkan video kompilasi 79 karya ilustrator atau seniman visual Indonesia melalui LED Display/Videotron atau Media Digital Luar-Griya di Bundaran HI, sepanjang jalan Sudirman-Thamrin, dan layar videotron MRT Station, serta beberapa tempat strategis di Jakarta dan luar Jakarta. Penayangan video secara serentak merupakan bentuk apresiasi terhadap seniman visual Indonesia dalam merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia serta memamerkan ke dunia bahwa bangsa kita adalah negara yang memiliki kekayaan akan seni dan budaya.
“AMLI (Asosiasi Perusahaan Media Luar-Griya Indonesia), dengan Para Anggota AMLI serta teman-teman Penyelenggara Media Digital Luar-Griya lainnya, berinisiatif memfasilitasi penayangan konten digital videotron secara serentak dalam waktu yang sama, dalam Rangka Perayaan Hari Kemerdekaan RI Ke-79 pada tanggal 17 Agustus 2024. Adapun Konten tayangan serentak ini, merupakan hasil Karya Seni Ilustrator Indonesia, yang dikomunikasikan melalui Media Digital Luar-Griya, dan dapat dinikmati seluruh masyarakat umum melalui Panel-Panel Digital besar dan kecil diberbagai ruang publik. Dan ini akan mejadikan suatu peluang baru, bahwa Kolaborasi antara Pelaku Industri Kreatif Indonesia dapat memberi kontribusi komunikasi, salah satunya Karya Seni kepada masyarakat yang lebih luas, khususnya didalam Perayaan Kemerdekaan Indonesia Ke-79 ini” (F. Bernadi – Ketua Umum AMLI Indonesia)
oleh Redaksi AMLI Pada tanggal 10 September 2024, Asosiasi Perusahaan Media Luar-Griya Indonesia (AMLI) menggelar pertemuan rutin di Millennium Sirih Hotel, Jakarta. Acara yang dihadiri oleh berbagai pemilik Media Luar-Griya ini membahas beberapa isu strategis dan rencana tindak lanjut terkait perkembangan industri OOH (Out-of-Home) di Indonesia. Diskusi tentang Kampanye Bersama Salah satu topik yang disorot […]
JAKARTA – Asosiasi Perusahaan Media Luar-Griya Indonesia dan Periklanan menyampaikan komitmen penolakan terhadap kebijakan yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 28 Tahun 2024 dan Rancangan Peraturan Menteri Kesehatan (RPMK) tentang produk tembakau dan rokok elektronik. Pernyataan ini merupakan langkah melindungi keberlangsungan usaha serta menunjukkan kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku. Dalam pernyataan tersebut, Ketua Umum […]
oleh Agung Prihambodo Mengungguli piramida! Mari kita selidiki dunia media Out-of-Home (OOH), veteran pemasaran yang telah memikat audiens sejak zaman Mesir kuno. Sementara media digital mendominasi lanskap, OOH secara konsisten menemukan kembali dirinya sendiri agar tetap relevan. Dosis Pengaruh Harian:OOH dan media digital, terlepas dari perbedaannya, memiliki kesamaan yang kuat: konsumsi sehari-hari. Setiap visual yang […]
oleh Pahala Sugiro Tanggal 31 Juli 2024 pemerintah melalui Kementrian Kesehatan telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah RI Nomor 28 Tahun 2024 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan (PP dapat dilihat di sini). Sebelum mengeluarkan peraturan ini, telah banyak pro dan kontra mengenai draft Rancangan Undang-Undang (RUU) yang dibuat di bulan November 2023, […]